tips ngeblog

30 Jan 2009

Beberapa cuplikan tips ngeblog yang pernah aku posting dalam Dunia Anjari. Tips ini bukan dari pakar blog!!!

Ngeblog dengan Taste!

[......] agar ngeblog dengan taste, ada beberapa tip yang saya pelajari dari blogger-blogger lain :

  1. Tulislah apa yang disukai. Musik, teknologi informasi, gaya hidup, fashion, masakan, mobil dan apapun yang blogger sukai. Dengan menulis apa yang Blogger sukai itu akan menjadikan konsistensi dalam menulis. Menulis dari apa yang disukai tentu akan lebih mudah dan terasa menikmati dibandingkan menulis yang kita benci. Kecuali memang lagi benci pacarnya )
  2. Jangan pedulikan gaya menulis. Tulislah dengan gayamu sendiri. Tidak usah berusaha memirip-miripkan dengan gaya orang lain. Tulislah sesuai dengan fikiran dan hatimu. Gaya orang lain bisa dijadikan referensi saja, tetapi usahakan untuk tidak dicontek habis-habisan.
  3. Asahlah kemampuan ngeblog terus menerus. Ini akan menjadikan warna dan taste ngeblog kita menjadi matang dan terasah. Bisa jadi justu akan menjadi inspirasi blogger lain.
  4. Menulis, menulis dan menulis. Ya, menulislah terus, jangan pedulikan orang lain membaca atau tidak. Pengunjung memang penting, buat apa kita ngeblog tapi tidak ada yang membaca. Itu benar, tapi kalau blogger berfikir itu, apa tidak akan memulai. Yang lebih penting adalah Blogger menulis dan terus menulis.

Ngeblog (kok) Copy Paste!

[......] sebetulnya tidak sulit untuk bisa ngeblog dengan taste, ngeblog dengan gaya dan hasil karya sendiri, beberapa tips yang bisa dilakukan diantaranya :

  1. Tidak usah muluk-muluk. Mulailah ngeblog dengan yang ringan-ringan saja. Jangan terbebani untuk menjadi blog yang terkenal atau menjadi blog pilihan. Atau terpana oleh postingan blog-blog profesional dan yang sudah mahir. Tidak usah memasang target yang DBlogger sendiri sulit mencapainya;
  2. Mulailah dari perasaanmu. Iya, menulislah apa yang kau rasakan. Misalnya saja DBlogger hari ini sedang mampet, buntet atau budeg sehingga tak ada ide yang bisa dituliskan. Nah itulah bahan postingan bagus, tuliskan saja kalau hari ini lagi mampet karena sedang stress di marah-marahin bos, dikejar-kejar tagihan kartu kredit, diputus pacar, dsb.
  3. Biasakan menulis secara rutin. Belajarlah menulis itu terjadwal, jangan karena mood. Kalau menulis karena berdasarkan selera, mood atau keinginan belaka percaya deh, tidak akan menjadi blogger yang punya taste. Karena pada dasarkan manusia itu maunya makan enak, tidur nyenyak dan duit banyak ) Misalnya saja menulis 2 hari sekali, 3 hari sekali tapi jangan sampai 1 bulan sekali P Kalau kebetulan sehari bisa menghasilkan 2 artikel atau lebih, jangan langsung diposting semua. Tabunglah artikel itu, untuk diposting lain hari )

Tips Blog: Judul Unik, Traffic Naik

[......] saya menyimpulkan bahwa peningkatan traffic itu disebabkan oleh judul postingan yang unik, pendek, sudut pandang yang berbeda dengan judul mengandung taste!. Mungkin juga itu karena postinganku menjadi blog pilihan. Kalau blogger berkenan, aku akan memberikan tips. Tapi sekali lagi saya bukan ahli, jadi mohon anda tidak percaya )

  1. Buatlah judul itu unik dan menarik. Yang saya maksudkan unik itu pendek tapi penuh makna. Menarik itu memancing pengunjung blog untuk membaca dan memberi komentar. Ini memang tidak mudah tapi bukan hal yang sulit. Untuk membuat judul yang unit menarik ini, sering-seringlah memperhatikan kata-kata gimmic atau tagline iklan, peribahasa dan lain sebagainya.
  2. Sudut pandang penulisan yang berbeda. Tapi ingat jangan asal beda atau sekedar mencari sensasi dan bombastis belaka. Berpikir berbeda dari kebanyakan orang itu menjadi daya tarik tersendiri. Jadi memang harus cermat dan cerdit melihat peluang itu. Misalnya saja pada posting Selamat Jalan, Pejuang!, saya mencoba memotret dari sisi kegigihan terpidana bom bali dalam mememang prinsip hingga kematian itu menjemput. Terlepas prinsip itu benar atau tidak. Sementara blogger lain, kebanyakan memberitakan tentang eksekusi sama seperti yang diberitakan oleh koran, televisi dan lain-lain.
  3. Tulislah posting dengan bahasa yang mengalir. Seperti sebuah aliran cerita yang mengalir runut. Usahakan tidak ada singkatan-singakatan dengan bahasa penulisan yang tidak kaku. Tapi juga jangan terlalu gaul.
  4. Hindari posting artikel panjang. Artikel yang panjang apalagi dengan strutur dan layout tulisan yang tidak menarik, membuat blogger malas untuk membacanya. Tetapi juga jangan posting yang pendek sehingga menjadikan postingan kita itu kosong melompong.

Ngeblog dengan Tulus

[....] Sekali lagi, ini hanya tips dari dblogger newbie kepada dblogger newbie.

  1. Menuliskan apa yang dirasakan bukan yang dipikirkan. Bingung ya. Rasa merupakan getar sinyal yang dikirimkan secara lembut rambut-rambut rasa hati dan merupakan respon spontan dengan apa yang terjadi saat itu. Sementara pikiran merupakan pantulan logika algoritma yang mengharuskan adanya hukum sebab akibat dan pensyaratan. Wah bingung ya?. Bahkan pernah saya ditanya oleh DBlogger juga kalau dia sedang bingung mau menulis apa. Saya katakan, ya sudah kamu tulis saja bahwa kamu bingung ini karena bingung begini begitu dan seterusnya.
  2. Ingin cepat dapat duit. Biasanya ini menjangkiti dblogger newbie seperti saya. Inginnya ngeblog sebentar seketika dollar dan rupiah mengalir ke rekening kita. Begitu sudah dijalani toh tidak dapat uang juga langsung frustasi. Jangankan uang, mau memposting artikel saja kehabisan ide, buntet gagasan dan tenggelam dalam kebingungan. Jika benar dapat uang, anggap saja itu sebagai bonus dan hadiah :D
  3. Buang keinginan menjadi Blog Pilihan, blog populer dan selebritis blog. Yang penting menulis, membaca, menulis lagi. Tidak perlu dibebani ingin menjadi ratu atau raja blog. Ingin terkenal menjadi selebriti blog. Menjadi mbahnya, dedekongkot, ketua suku atau apapun yang membebani. Selalu merasa blogger ecek-ecek tapi bertindak laksana blogger profesional. Boleh saja punya mimpi tapi jadikan mimpi itu motivasi bukan sebagai beban. Dahulu saya juga berfikir seperti itu juga sih, tapi sekarang sudah tidak lagi. Memang postingannya sudah tidak masuk kriteria lagi :D Tidak jadi blog pilihan bukan berarti berhenti ngeblog kan?
  4. Jangan tergantung pengunjung dan komentar. Dahulu saya merasa rendah diri dan kecil hati, jika posting tidak mendapatkan pengunjung apalagi komentar. Berhari-hari postingan dipajang dan dipamerkan tak juga ada yang sudi berkunjung. Kalau toh ada pengunjung, tak ada satupun komentar. Ada dblogger yang bilang kepada saya bahwa komentar dan blogwalking itu bukan hal yang harus dipikirkan. Yang penting dia sudah menuliskan apa yang dia rasakan. Jadi kalau belum ada pengunjung dan komentar, tak usah bingung, stress apalagi gantung diri. Yah rajin-rajin saja bersilaturahmi :D


TAGS


Comment
  • cocoon bobbin 3 years ago

    This blogpost is definitely cool and useful.

  • Waryoto 4 years ago

    Q ga punya tenem gmana ttugh…?

  • ZOPRAN MOBILE BLOG 4 years ago

    mmebuat blog dengan bahan materi yang memang menjadi hobby kita agar tidak bosan ngeblog..^^

    thanks tipsnya

  • sardi asmet 5 years ago

    terima aksih ilmunya mas..

  • sardi asmet 5 years ago

    terima kasih ilmunya mas..

  • alaniken 5 years ago

    nyimak banget nih tulisan ini, karena saya termasuk salah satu newbie.. untuk point \”jangan pedulikan gaya menulis\” menggunakan kata \”gw\” di blog sah2 aja kan yah? gak mesti yang formal2 gitu?? btw, thank tips yaa ^^

  • Ary Wardhana yusuf 5 years ago

    wah..!!ngena banet di hati nich artikel-artikelnya… hehehe, salam kenal,!!!

  • dave 5 years ago

    wah ok bgt nih tipsnya,,,makasih

  • Hanz Hanun 5 years ago

    salam kenal aja,saya juga blogger newbie, masih harus banyak belajar..betul tidak?!

  • the best ptc 5 years ago

    semua yang di informasikan pernah saya alami mas..
    waktu awal2 ngeblog..
    hehhehe
    saking frustasi pernah absen ngeblog lebih dari satu tahun..
    tapi akibat rutin mengunjungi blog lain (seperti blog ini), akhirnya saya sadar bagaimana menjadi seorang anggota blooger itu..

  • Teguh Sunaryo 5 years ago

    Hikmah :
    1. Copy paste tdk dilarang di alquran, asal disebutkan sumber lengkapnya. Apakah tdk boleh menyebarkan kebaikan dan membuat teman lain lebih terkenal dengan karyanya ?
    2. Adanya teknologi copy paste itu untuk dimanfaatkan bukannya untuk diterlantarkan ! Sekali lagi yang penting adalah manfaatnya, bukan copy pastenya ! Ingat yang penting menyebut sumber aslinya secara lengkap !
    3. Yang bisa menulis sendiri silahkan menulis, yang bisa mencuplik silahkan mencuplik (copy paste sebagian), yang bisanya copy paste silahkan copy paste saja (anjing menggonggong kafilah tetap berlalu, asal sumbernya ditulis lengkap!).
    4. Saya salah satu bukti, bahwa saya senang kok jika tulisan saya di copy paste asal sumbernya ditulis lengkap.
    5. Belajarlah dari bagaimana al quran disyiarkan !
    6. Mohon maaf jika tdk berkenan, semoga Tuhan mengampuni dosa-dosa kita. trmksh

  • Olvie 5 years ago

    Setuju, kalo membuat blog harus tahu apa yang akan dibahas. Kita tidak pernah kehilanga ide kalo menulis apa yang kita sukai dan kita pahami.

  • misbul abdillah 5 years ago

    Setuju, pak…
    smoga kami yang baru tidak ketinggalan informasi,
    rajin menulis, dan apa yang mungkin kita rasakan
    salam sukses selalu
    jika demikian

    @abdi_cakrawala

  • Butik Busana Muslimah 5 years ago

    setuju Gan, nice info.

  • yoetama 6 years ago

    bener2 pengalaman yang pasti semua blogger ngalamin, seperti saya ini sampe detik ini pun masih copas :D ,,

  • Suara Paulina 6 years ago

    tips yang mantap ini, sangat menginspirasi saya yang baru mulai ngeblog

  • New England Patriots Jerseys 6 years ago

    pedulikan orang lain membaca atau tidak.New Orleans Saints Jerseys
    Pengunjung memang penting, buat apa kita ngeblog tapi tidak ada yang membaca. Itu benar,Green Bay Packers Jerseys
    tapi kalau blogger berfikir itu, apa tidak akan memulai. Yang lebih penting adalah Blogger menulis dan terus menulis.

  • Colts Jerseys 6 years ago

    Seperti sebuah aliran cerita yang mengalir runut. New England Patriots Jerseys
    Usahakan tidak ada singkatan-singakatan dengan bahasa penulisan yang tidak kaku. cheap Indianapolis Colts Jerseys
    Tapi juga jangan terlalu gaul.

  • Yankees baseball Hats 6 years ago

    Misalnya saja DBlogger hari ini sedang mampet,wholesale Miami Heat Jerseys
    buntet atau budeg sehingga tak ada ide yang bisa dituliskan. Nah itulah bahan postingan bagus,cheap Redskins Jerseys
    tuliskan saja kalau hari ini lagi mampet karena sedang stress di marah-marahin bos, dikejar-kejar tagihan kartu kredit, diputus pacar, dsb.

  • Yankees baseball Hats 6 years ago

    seperti saya. Inginnya ngeblog sebentarDallas Mavericks Jerseys
    seketika dollar dan rupiah mengalir ke rekening kita.wholesale Eagles Jerseys
    Begitu sudah dijalani toh tidak dapat uang juga langsung frustasi. Jangankan uang, mau memposting artikel saja kehabisan ide, buntet gagasan dan tenggelam dalam kebingungan. Jika benar dapat uang, anggap saja itu sebagai bonus dan hadiah

  • Colts Jerseys 6 years ago

    pedulikan orang lain membaca atau tidak. wholesale Philadelphia Phillies Hats
    Pengunjung memang penting, buat apa kita ngeblog tapi tidak ada yang membaca. Itu benar,wholesale Colts Jerseys
    tapi kalau blogger berfikir itu, apa tidak akan memulai. Yang lebih penting adalah Blogger menulis dan terus menulis.

  • dimas 6 years ago

    kenapa blog saya blom muncul di seach engin ya bang

  • ahmad 6 years ago

    Dengan ngeblog kita jadi rajin membaca dan menulis. Kalo tidak rajin membaca darimana kita bisa dapat inspirasi untuk menulis. Ini juga semakin menambah pengetahuan kita.

    thx

  • elyzanamaku 6 years ago

    “Menuliskan apa yang dirasakan bukan yang dipikirkan”
    Trully inspirite mas :))
    Kejujuran dalam menulis merupakan hal yang penting menurut saya

  • Gogotaro 6 years ago

    aku memang lagi stres (lagi) mikirin blog. iri sama blog2 lain yang sukses dan ber-PR tinggi. dan bingung mau nulis apa di blog. sebenernya seandainya aku punya banyak ide untuk ditulis saat ini udah cukup bagiku. tapi bener2 lagi buntu. tapi aku akan coba mengingat2 yang mas anjari tulis disini. thnx tipsnya. membantuku merasa lebih baik dari sindrom “nggak ada pengunjung.”

  • puisi ciung 6 years ago

    Menemukan Ciri khas tersendiri untuk blog kita hadeuh susahh xixiix

  • jefferly 6 years ago

    wow… luar biasa bang…
    ane musti banyak belajar nih…
    thanks atas nice info nya.. ^_^
    Salam kenal

  • adhy 6 years ago

    Saya sepakat dengan sobat, “menulis dengan hati” itu ilmu yang saya dapatkan setelah membaca dari artikel anda….terima kasih sharingnya.

  • zhaomoli 6 years ago

    hahaaaa..tips nya kereenn
    blognya jugaa….
    :D ngiriiii…hehehe
    salam kenall….
    http://zhaomoli@wordpress.com

  • gadisku 6 years ago

    Ya….thx infonya bro ,,he,,he,masih belajar ngeblog nih ,arah tulisannya aj belum ketemu.

  • gadisku 6 years ago

    Ya….thx infonya bro ,,he,,he,masih belajar ngeblog nih ,arah tulisannya aj belum ketemu.

  • Jisya 6 years ago

    ini blog saya, biar semangat..
    http://smsrsd-infopenting.blogspot.com/

  • Jisya 6 years ago

    makasih untuk tipsnya jangan lupa tolong pangpang, blog saya ya.. please

  • DoreenBarr 7 years ago

    All people deserve good life and loan or just bank loan can make it much better. Because people’s freedom bases on money state.

  • Dony Dina 7 years ago

    saya juga tadinya niat nge-blog cuma buat curhat aja, malah tadinya mau tak umpetin, biar gak ada yang tau… tapi..eh ada yang mampir juga, ya udah.. ikut blog commenting juga kaya yang lain :D

  • mansyur hidayat 7 years ago

    makasih atas masukkan, ini bermanfaat buat perkembangan saya dalam belajar ngeblog

  • cheffmulyono 7 years ago

    matursuwun tips nya mas.krn aku newcomer di dunia blogger jd luwayan dpt ilmu.

  • wardz 7 years ago

    terimakasih atas tip2 nya
    sangat berguana buat newbie seperti saya

    salam kenal ya …
    http://wardz.blogdetik.com

  • ichakhoirunnisa 7 years ago

    sipp..mksih

  • sigit super 7 years ago

    wah betul2 tips yg bermanfaat
    jadi +semangat nih

  • tarman87 7 years ago

    Terimakasih tipsnya… sangat membantu buat saya yg lagi penasaran banget tentang blogging

    Di tunggu juga tips2 yg lainnya…

  • Boy 7 years ago

    ke situs mana ya…. klu kita mau jd bloger… hehehehe
    binun….
    tolong infonya ya! ke email gw..
    salam kenal para bloger

  • iriani77 7 years ago

    Tips yang oke buangett!, makasih ya, pa…
    kebetulan saya senang menulis bukan karena saya merasa bisa menulis, tapi menulis sebagai self therapy, alias obat hati…..

  • nanang 7 years ago

    trims inspirasi nya..

  • Zulfikar Akbar 7 years ago

    sangat positif. salam kenal, saudaraku

  • cavendis 7 years ago

    tips yang bermanfaat buat newbi koyok aku …. :)
    tak tunggu tips lainya mas ……

  • mechta 7 years ago

    Berkunjung balik,mas…makasih kunjungan kemarin, dan makasih banget utk tips2nya ini. Mg2 newbie yg ini bisa ngeblog dg taste, tulus dan pastinya tidak pake copy paste…hehe…

  • bambang 8 years ago

    tips nya oke juga ni….benar juga walaupun tulisan jelek yang penting keluarnya dari ya…ketimbang copy / paste maaf nimbrung saya baru pertama ngeblog

    inggih silahkan.. smg nyaman…

  • hendro-w 8 years ago

    wah..nice post. bener apa yang dijelasin diatas “be your self” biar jelek hasil karya sendiri n bisa dibanggakan belum tentu semua orang bisa. Bravo….!
    br,
    http://www.whendro.co.cc

  • ofecc 8 years ago

    nice! jadi semangat untuk nulis lagi :)

  • haryadi 8 years ago

    kunjungan siang hari

  • jeng sali 8 years ago

    trims infonya …sedang mencoba menulis…

    sami2 jeng. kita sama2 mencoba menulis kok.

  • siheyu 8 years ago

    makasih buat tipsnya.. yang sulit kadang itu memang kemauan.. hehehehe

    </monggo sama2. jangan sungkan. makasih kunjungannya

    em>

  • Belajar Dengan Menulis » Blog Archive » Blogwalking 8 years ago

    [...] ( Wuih senang banget…padahal baru 3 bulan ngeblog ). Terima kasih buat mas Anjari atas tips blog-nya dari beberapa tulisannya menjadi inspirasiku dalam menulis dengan gaya [...]

  • codet 8 years ago

    “Menuliskan apa yang dirasakan bukan yang dipikirkan”
    Saya suka tip itu mas. Thanks :)

  • Asyiro 8 years ago

    Setuju mas, apa yang anda sarankan.
    Saya pikir memang, janganlah menulis karena ingin dibaca orang lain. Tulis saja apa yang jadi ganjalan hati. Tentang apa saja,politik, ekonomi, cinta, budaya, tempat wisata…. pokoke apa saja-lah!
    Mas Anjari,
    mampir dong di
    http://carolusispryono.blogdetik.com
    http://jeansboeloek.multiply.com

    Salam Pena!

  • sangaku 8 years ago

    Benar-benar luar biasa neh mas …saya jadi tetap PD untuk nulis…meskipun tahap awal sekedar sejarah diri …semoga bisa berkembang lagi …bimbing ya mas ….

    Salam Kenal …

  • Musafir Kelana 8 years ago

    Thanks mas..
    Masukan sangat berharga buat saya yang masih belajar nge-blog.

    Salam kenal

    Musafir.

    salam kenal mas…

  • sandiarya 8 years ago

    wah makasih neh hehehehe.. aku dapat ilmu baru lagi setidaknya aku ngeblog bisa dengan tulus

    seeppppppp.. ckkckck

  • Wong Bingungan 8 years ago

    :roll: kok suruh ngeblog dengan netes mas, gak paha aku. :D apa taste itu penuh perasaan gitu? penuh penghayatankah? ato apa? kalo aku mending ngeblog dengan penuh nafsu kok. :roll: Let’s We Go!Blog. Gogogo. :D

    nafsu bener nih ngeblognya.. ayo ngajar dulu… ajarin matematika tuh muridnya.. kekeek

  • Wong Bingungan 8 years ago

    Blognya mbah Anjari memang bagus yah, isinya juga eko eh oke. Salam kenyal mbah Anjari :D kunjungan petromax nih. :roll:

    waduhhh….. pantes bingungan. ngomong aja belibet gituuuu. yah salam ngeblog dg taste lah wong fai hung. hehe

  • pajarmaning 8 years ago

    lam kenal om…makasih sering kasih koment diblog ku…

    waduh… blognya apa nih?? sama2 deh…

  • Ocehanburung 8 years ago

    Sama bgt sih ama prinsip saya… tapi sampai kapan ya kita bisa bertahan kalo tidak orang yang memperhatikan…

  • Ocehanburung 8 years ago

    Sama bgt sih ama prinsip saya… tapi sampai kapan ya kita bisa bertahan kalo tidak orang yang memperhatikan…

    buat saya sih oke… tapi apa semua sanggup…

  • KURNIA SEPTA 8 years ago

    Tipnya keren banget, bisa juga.
    Aku stuju
    ngeblog kok kopy paste :D

    terima kasih mas sapta atas kunjungannya. yg penting ngeblog dg taste :)

  • rizwal80s 8 years ago

    hebatt.. sgt penuh dengan “TASTE” .. thanks for advice n pencerahaanya.. moga bisa membantu :)

    salam dr “newbie” blogdetik


    salam juga bos! tks ya…

  • senosuke 8 years ago

    Lam kenal Gan. Lagi bener-bener ga mood nulis, bisanya cuma nulis komentar doank…

    ayolah mulai nulis….. pasti bisa bos!!

  • senosuke 8 years ago

    Lam kenal Gan. Lagi bener-bener ga mood nulis, bisanya cuma nulis komentar doank… :-)

  • senosuke 8 years ago

    Lam kenal Gan.
    Lagi bener-bener ga mood nulis, bisanya cuma nulis komentar doank… :-)

  • senosuke 8 years ago

    Lam kenal Gan.
    Lagi bener-bener ga mood nulis, bisanya cuma nulis komentar doank… :-)

  • guna 8 years ago

    yayaya…..

    aku skrg jg lgi rendah diri kang…
    tp msh tetep pede…soalnya gk kopi pasteh

    salam kenal kang

    salam kenal juga :D

-

Author

Search

Recent Post