tips ngeblog

30 Jan 2009

Beberapa cuplikan tips ngeblog yang pernah aku posting dalam Dunia Anjari. Tips ini bukan dari pakar blog!!!

Ngeblog dengan Taste!

[......] agar ngeblog dengan taste, ada beberapa tip yang saya pelajari dari blogger-blogger lain :

  1. Tulislah apa yang disukai. Musik, teknologi informasi, gaya hidup, fashion, masakan, mobil dan apapun yang blogger sukai. Dengan menulis apa yang Blogger sukai itu akan menjadikan konsistensi dalam menulis. Menulis dari apa yang disukai tentu akan lebih mudah dan terasa menikmati dibandingkan menulis yang kita benci. Kecuali memang lagi benci pacarnya )
  2. Jangan pedulikan gaya menulis. Tulislah dengan gayamu sendiri. Tidak usah berusaha memirip-miripkan dengan gaya orang lain. Tulislah sesuai dengan fikiran dan hatimu. Gaya orang lain bisa dijadikan referensi saja, tetapi usahakan untuk tidak dicontek habis-habisan.
  3. Asahlah kemampuan ngeblog terus menerus. Ini akan menjadikan warna dan taste ngeblog kita menjadi matang dan terasah. Bisa jadi justu akan menjadi inspirasi blogger lain.
  4. Menulis, menulis dan menulis. Ya, menulislah terus, jangan pedulikan orang lain membaca atau tidak. Pengunjung memang penting, buat apa kita ngeblog tapi tidak ada yang membaca. Itu benar, tapi kalau blogger berfikir itu, apa tidak akan memulai. Yang lebih penting adalah Blogger menulis dan terus menulis.

Ngeblog (kok) Copy Paste!

[......] sebetulnya tidak sulit untuk bisa ngeblog dengan taste, ngeblog dengan gaya dan hasil karya sendiri, beberapa tips yang bisa dilakukan diantaranya :

  1. Tidak usah muluk-muluk. Mulailah ngeblog dengan yang ringan-ringan saja. Jangan terbebani untuk menjadi blog yang terkenal atau menjadi blog pilihan. Atau terpana oleh postingan blog-blog profesional dan yang sudah mahir. Tidak usah memasang target yang DBlogger sendiri sulit mencapainya;
  2. Mulailah dari perasaanmu. Iya, menulislah apa yang kau rasakan. Misalnya saja DBlogger hari ini sedang mampet, buntet atau budeg sehingga tak ada ide yang bisa dituliskan. Nah itulah bahan postingan bagus, tuliskan saja kalau hari ini lagi mampet karena sedang stress di marah-marahin bos, dikejar-kejar tagihan kartu kredit, diputus pacar, dsb.
  3. Biasakan menulis secara rutin. Belajarlah menulis itu terjadwal, jangan karena mood. Kalau menulis karena berdasarkan selera, mood atau keinginan belaka percaya deh, tidak akan menjadi blogger yang punya taste. Karena pada dasarkan manusia itu maunya makan enak, tidur nyenyak dan duit banyak ) Misalnya saja menulis 2 hari sekali, 3 hari sekali tapi jangan sampai 1 bulan sekali P Kalau kebetulan sehari bisa menghasilkan 2 artikel atau lebih, jangan langsung diposting semua. Tabunglah artikel itu, untuk diposting lain hari )

Tips Blog: Judul Unik, Traffic Naik

[......] saya menyimpulkan bahwa peningkatan traffic itu disebabkan oleh judul postingan yang unik, pendek, sudut pandang yang berbeda dengan judul mengandung taste!. Mungkin juga itu karena postinganku menjadi blog pilihan. Kalau blogger berkenan, aku akan memberikan tips. Tapi sekali lagi saya bukan ahli, jadi mohon anda tidak percaya )

  1. Buatlah judul itu unik dan menarik. Yang saya maksudkan unik itu pendek tapi penuh makna. Menarik itu memancing pengunjung blog untuk membaca dan memberi komentar. Ini memang tidak mudah tapi bukan hal yang sulit. Untuk membuat judul yang unit menarik ini, sering-seringlah memperhatikan kata-kata gimmic atau tagline iklan, peribahasa dan lain sebagainya.
  2. Sudut pandang penulisan yang berbeda. Tapi ingat jangan asal beda atau sekedar mencari sensasi dan bombastis belaka. Berpikir berbeda dari kebanyakan orang itu menjadi daya tarik tersendiri. Jadi memang harus cermat dan cerdit melihat peluang itu. Misalnya saja pada posting Selamat Jalan, Pejuang!, saya mencoba memotret dari sisi kegigihan terpidana bom bali dalam mememang prinsip hingga kematian itu menjemput. Terlepas prinsip itu benar atau tidak. Sementara blogger lain, kebanyakan memberitakan tentang eksekusi sama seperti yang diberitakan oleh koran, televisi dan lain-lain.
  3. Tulislah posting dengan bahasa yang mengalir. Seperti sebuah aliran cerita yang mengalir runut. Usahakan tidak ada singkatan-singakatan dengan bahasa penulisan yang tidak kaku. Tapi juga jangan terlalu gaul.
  4. Hindari posting artikel panjang. Artikel yang panjang apalagi dengan strutur dan layout tulisan yang tidak menarik, membuat blogger malas untuk membacanya. Tetapi juga jangan posting yang pendek sehingga menjadikan postingan kita itu kosong melompong.

Ngeblog dengan Tulus

[....] Sekali lagi, ini hanya tips dari dblogger newbie kepada dblogger newbie.

  1. Menuliskan apa yang dirasakan bukan yang dipikirkan. Bingung ya. Rasa merupakan getar sinyal yang dikirimkan secara lembut rambut-rambut rasa hati dan merupakan respon spontan dengan apa yang terjadi saat itu. Sementara pikiran merupakan pantulan logika algoritma yang mengharuskan adanya hukum sebab akibat dan pensyaratan. Wah bingung ya?. Bahkan pernah saya ditanya oleh DBlogger juga kalau dia sedang bingung mau menulis apa. Saya katakan, ya sudah kamu tulis saja bahwa kamu bingung ini karena bingung begini begitu dan seterusnya.
  2. Ingin cepat dapat duit. Biasanya ini menjangkiti dblogger newbie seperti saya. Inginnya ngeblog sebentar seketika dollar dan rupiah mengalir ke rekening kita. Begitu sudah dijalani toh tidak dapat uang juga langsung frustasi. Jangankan uang, mau memposting artikel saja kehabisan ide, buntet gagasan dan tenggelam dalam kebingungan. Jika benar dapat uang, anggap saja itu sebagai bonus dan hadiah :D
  3. Buang keinginan menjadi Blog Pilihan, blog populer dan selebritis blog. Yang penting menulis, membaca, menulis lagi. Tidak perlu dibebani ingin menjadi ratu atau raja blog. Ingin terkenal menjadi selebriti blog. Menjadi mbahnya, dedekongkot, ketua suku atau apapun yang membebani. Selalu merasa blogger ecek-ecek tapi bertindak laksana blogger profesional. Boleh saja punya mimpi tapi jadikan mimpi itu motivasi bukan sebagai beban. Dahulu saya juga berfikir seperti itu juga sih, tapi sekarang sudah tidak lagi. Memang postingannya sudah tidak masuk kriteria lagi :D Tidak jadi blog pilihan bukan berarti berhenti ngeblog kan?
  4. Jangan tergantung pengunjung dan komentar. Dahulu saya merasa rendah diri dan kecil hati, jika posting tidak mendapatkan pengunjung apalagi komentar. Berhari-hari postingan dipajang dan dipamerkan tak juga ada yang sudi berkunjung. Kalau toh ada pengunjung, tak ada satupun komentar. Ada dblogger yang bilang kepada saya bahwa komentar dan blogwalking itu bukan hal yang harus dipikirkan. Yang penting dia sudah menuliskan apa yang dia rasakan. Jadi kalau belum ada pengunjung dan komentar, tak usah bingung, stress apalagi gantung diri. Yah rajin-rajin saja bersilaturahmi :D


TAGS


-

Author

Search

Recent Post