ketika manusia terhipnotis oleh nafsu dan teknologi

25 May 2011

pada saat membaca postingan hipnotis blogging contest yang mensyaratkan review video klip lagu “hiptonis” yang dinyanyikan indah dewi pertiwi (IDP), muncul pertanyaan dalam pikiran saya; bagaimana cara mereview sebuah video klip? apakah mencakup tujuan pembuatan, teknis pembuatan, unsur-unsurnya hingga makna video klip “hipnotis” itu?

sebelum saya menuliskan hasil review pada blog saya ini, alangkah baiknya kita nikmati suara sexy dan tarian si cantik IDP dalam video klip “hipnotis’ (full version) berikut :

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/SRCYpxl3UY4" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

oke, sudah puas? jika belum jangan ragu play kembali. video klip ini merupakan bagian dari album musik kemasan ulang lagu hipnotis (hipnotis repackage) yang telah dirilis sebelumnya. kita tentu masih ingat video klip sebelumnya. yang menampilkan kelucuan dan aksi kocak budi anduk yang memparodikan sosok-sosok sutradara video klip terkenal indonesia. ada sedikit perbedaan diantara keduanya. pertama, durasi video klip hipnotis repackage lebih lama. kedua, makna dan pesan yang disampaikan lebih jelas.

kesan pada pandangan pertama

sebagai sutradara video klip hipnotis, anggi umbara berhasil menyuguhkan karya yang berbeda. bukan saja dilihat dari sisi perkembangan video klip indonesia, namun juga jika dibandingkan video klip hasil karyanya sendiri yang lain misalnya iwan fals (untukmu terkasih) dan afgan (bukan cinta biasa). setelah menikmati hipnotis ini, dalam benak pikiran saya muncul kesan: canggih, futuristik, indah dan pesannya kuat. pendek kata, wow mantabs!

kesan canggih dan futuristik didapatkan dari beberapa scene yang menampilkan robot, visual effect, render softare, tampilan piranti-piranti berteknologi terkini serta busana penyanyi dan penari latarnya. animasi robot dan visual effect dalam video klip hipnotis ini mengingatkan kita pada film-film box office hollywood semacam transformer, terminator, armageddon dan the day after tomorrow. hal ini bisa dilihat pada scene komet jatuh, transformasi robot, render air yang berjalan dan air bah yang menghantam gedung-gedung bertingkat di jakarta.

hipnotis_idp_1

keindahan video klip hipnotis dapat dirasakan pada scene yang menampilkan berbagai wilayah indonesia yang eksotis nan cantik. seperti pantai tanjung yang terletak di sebelah selatan pulau lombok tidak jauh dari pantai kuta. pemandangan yang luar biasa di air terjun sendang gile yang terletak dibawah kaki gunung rinjani di pulau lombok. juga besarnya kapal tanker di tengah laut jawa. dan tak ketinggalan pemandangan dari atas kawasan jalan sudirman dan tamrin dengan gedung-gedung pencakar langitnya.

satu lagi letak keindahan video klip hipnotis ini. ya benar, tarian. IDP dan penari latarnya menunjukkan kepiawaianya dalam menari pada hampir sepanjang scene video klip. tarian robot, IDP dan penari latar terlihat kompak dan seirama dengan tempo lagu.

hipnotis_idp_3

teknis pembuatan dan unsur video klip

video klip hipnotis ini berdurasi 8 menit 16 detik. mungkin lebih pas disebut sebagai film pendek. coba kita perhatikan opening title-nya. disebutkan disitu pemain, sutradara, produser, judul video klip dan sponsornya. juga teknis pengambilan gambar, plot/alur cerita, video editing, visual effect, scoring, tata suara dan tata busana/wardrobe. itu semua ditata sedemikian rupa secara detil. tak jauh beda dengan film bukan?

saya tidak mengerti dengan teknologi audio visual. namun melihat aspek unsur dan pembuatannya, video klip hipnotis ini sepertinya dibuat dengan teknis tinggi yang melibatkan orang-orang berkompeten dibidangnya. dan pastinya menggunakan software dan trik terkini untuk menghasilkan audio visual effect yang luar biasa itu.

untuk menggambarkan dramatisasi suasana, video klip ini dibuat beberapa scene yang terkesan terpisah antara scene satu dengan lainnya. melalui scene yang ada, video klip hipnotis ini menggambarkan ruang, waktu dan suasana berbeda pada saat bersamaan. kemudian scene-scene itu dipadukan dalam satu alur cerita yang memuat pesan tertentu. perpindahan antar schene yang menggambarkan ruang dan waktu berbeda itu ditandai dengan pemencetan remote control oleh sosok IDP.

hipnotis_idp_4

tak lengkap rasanya membicarakan hipnotis repackage tanpa unsur musikalisasi dan koreografi. lagu “hipnotis” diciptakan oleh dewiq dan pay. sebagai hitmaker tak perlu diragukan lagi. lagu ini easy listening. mudah diingat, dan tak perlu mengerutkan dahi untuk memahami syairnya. nada iramanya pun mudah dihafal. apalagi lagunya tergolong pendek, sehingga terus berulang pada reff. tata musik pun diolah sedemikian rupa hingga enak didengar. tempo lagu membuat tanpa sadar siapa pun yang mendengar tanpa sadar ikut mengikuti hentakan dan iramanya.

ah, sampai juga kita pada sosok IDP dan koreografinya. indah dewi pertiwi berwajah cantik, saya rasa tak usah dibantah. tata rias dan busana IDP dan penari latarnya, menampilkan kesan futuristik dan energik sesuai tema video klip. koreografinya menampilkan tarian modern dan hip hop yang kompak dan harmonis dengan tempo lagu. koreografi seakan sengaja ditonjolkan pada video klip hipnotis ini, apalagi saat scene battle dance.

tak bosan melihat wajah cantik IDP (ups! video klipnya) yang spektakuler, meski berulang diputar. berapa biaya pembuatannya ya? jika melihat hasil akhirnya dan memperhatikan unsur teknis pembuatannya, saya yakin video klip ini menghabiskan biaya yang besar. konon sih sampai pada nilai milyaran rupiah.

hipnotis_idp_5

catatan dan pesan video klip

setelah mengupas dari berbagai sisi, dapat dikatakan bahwa video klip hipnotis itu bagus banget. dua jempol untuk IDP, anggi umbara dan crews. meskipun begitu, tak ada gading yang tak retak. demikian juga pada video klip hipnotis ini ada beberapa bagian yang menurut saya tidak perlu dan mendapat catatan.

dibandingkan total durasi dengan durasi lagu aslinya, maka video klip hipnotis terdapat banyak tambahan scene. misalnya pada opening video, interlude dan battle dance. semestinya tanpa mengurangi pesan yang ingin disampaikan, video klip ini dapat dipadatkan. atau malah dihilangkan, khususnya battle dance. karena tarian sudah terlihat pada banyak scene lainnya. pendek kata, “lemak-lemak” video klip hipnotis dapat dihilangkan agar lebih padat berisi dan lebih enak dinikmati.

yang juga perlu diperhatikan adalah perpindahan antara scene pada awal hingga pertengahan video. karena video klip hipnotis ini terdiri banyak scene yang berbeda ruang dan waktu, maka diperlukan scene antara yang tepat agar menjadi alur cerita yang utuh. jika pertengahan hingga akhir video terdapat aksi remote control, maka perpindahan antar scene pada pembukaan hingga pertengahan agak menganggu.

hipnotis_idp_6

sejak pertama melihat video klip hipnotis ini, saya mempertanyakan kesesuaian antara lirik lagu dengan video klip. sekilas memang tidak sinkron. lirik “hipnotis” seakan tak mengindikasikan pada bencana dunia, kemajuan teknologi atau gambaran indah wilayah indonesia.

namun demikian, video klip hipnotis indah dewi pertiwi ini membawa pesan kuat pada kampanye pelestarian alam dan promosi keindahan alam Indonesia. video klip ini mengingatkan bahwa nafsu dan kemajuan teknologi mampu “menghipnotis” manusia yang berakibat terancamnya kelestarian dan keindahan alam indonesia. video klip ini menyadarkan bahwa manusia juga mampu mengembalikan kerusakan alam dan menyelamatkan bumi. selamatkan planet ini, jangan kita terhipnotis oleh nafsu serakah dan kemajuan teknologi.


TAGS review hipnotis idp indah dewi pertiwi lagu hipnotis video klip hipnotis video clips hipnotis blogging contest


-

Author

Search

Recent Post