Berobat Gratis Penduduk Tangerang

14 Aug 2012

Saya bukan penduduk Kota Tangerang. Tapi tak menghalangi untuk turut bergembira membaca koran yang mewartakan bahwa warga Kota Tangerang dapat berobat gratis Tahun 2012.

Iya, anda tak salah baca. Semua penduduk Kota Tangerang baik miskin maupun kaya ditanggung berobat gratis. Syaratnya mudah, ketika berobat tunjukan KTP. Penduduk kota tangerang dapat gunakan layanan berobat gratis ini pada 27 RS Pemerintah dan Swasta serta 1 klinik yang sudah menjalin MOU. Untuk rumah sakit pusat, Pemda Kota Tangerang sudah kerjasama dengan RSCM dan RS Fatmawati.

pic : kaystreet.wordpress.com

pic. kaystreet.wordpress.com

Pemda Kota Tangerang akan menanggung biaya layanan rumah sakit dari rawat jalan tingkat pertama, rawat jalan tingkat lanjut dan rawat inap tingkat lanjut. Hebatnya lagi, tidak ada batasan besarnya biaya berobat. Dijanjikan, seluruh biaya berobat ditanggung APBD. Untuk itu, Pemda Kota Tangerang anggarkan Rp 50 M APBD 2012 utk gantikan program kartu multiguna yang untuk warga miskin.

Semoga saja ini benar, bukan janji kosong. Soalnya saya pernah mendapati pengalaman yang tidak enak dengan Kota Tangerang saat mengurus pembiayaan pasien guillen barre syndrome (GBS) yaitu Tissa.

Keluarga Tissa sudah mengirim surat ke Pemda agar biayanya yang ratusan juta ditanggung kartu multiguna. Namun informasi dari ayah Tissa, tidak kunjung ditanggapi. Untuk mendukung, Kementerian Kesehatan juga mengirim surat ke Walikota agar biaya berobat Tissa ditanggung Pemda. Jika benar tak sanggup, silahkan Walikota menyatakannya dan mengirimkan surat kepada Menkes agar meminta pembiayaan Jamkesmas.

Ternyata surat Kemenkes pun tak juga dapat respon positif. Kami ikut bantu kontak pemda. Eh, mbulet nggak je follow up melalui telepon. Berbagai instansi dihubungi untuk menanyakan jawaban surat Kemenkes tersebut. Dari Dinas Kesehatan disampaikan ke Sekretaris Daerah. Kemudian naik ke Walikota. Turun lagi ke Wakil Walikota yang disposisi ke Bappeda.

Setelah berbulan, ujung-ujungnya menyerahkan biaya pengobatan Tissa kepada Menkes melalui mekanisme Jamkesmas. Alasannya, Pemda Kota Tangerang tak bisa mengcover biaya pengobatan Tissa.

Kalau begitu, kenapa lama sekali keluar suratnya sih! Sekarang Tissa sudah bahagia di dunia sana. Jadi mari kita berharap, semoga tida ada lagi Tissa atau penduduk Kota Tangerang yang kesulitan dalam biaya pengobatan rumah sakit.


TAGS berobat gratis kota tangerang kartu multiguna rscm rumah sakit rs fatmawati


Comment
  • hasan 5 years ago

    bohong semua itu,skrg ada keluarga yg sakit dan di rsu tanggerang ,tapi karena tdk punya uang dan pakai kartu gakin,maka diabaikan.ini bukti nyata

  • genthokelir 5 years ago

    semoga program tersebut nyata dan terealisasi

-

Author

Search

Recent Post