Iklan Tong Fang dan Pengobatan Tradisional di Indonesia

16 Aug 2012

Sobat, pada menyadari nggak kalau iklan Tong Fang dan iklan TCM lain sudah tak nongol lagi di televisi? Syukurlah, kampanye #StopIklanTongFang membawa hasil menggembirakan.

Jam 11 (15/8) siang dari Kemenkes, Kominformasi, Dinkes Jakarta, BPOM, IDI, asosiasi apoteker, asosiasi pengobat tradisional rame-rame mendatangi KPI. Tujuannya mengucapkan terima kasih karena KPI telah melaksanakan pengaduan masyarakat terkait iklan Tong Fang dan sejenisnya di televisi.

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/8ONhVuAiv40" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Mereka juga mendukung langkah KPI memberi sanksi televisi yang menayangkan iklan Tong Fang dan sejenisnya yang dinilai menyesatkan, merugikan dan membahayakan. Hadir dlm pertemuan di KPI itu, para jurnalis dari media cetak, elektronik dan online. Mungkin berita iklan Tong Fang dan sejenisnya menarik ya?

Ada informasirmasi yang mengejutkan dari wakil KPI bahwa iklan Tong Fang dan iklan TCM itu tidak lewat lembaga sensor film lho. Dengan kata lain, iklan Tong Fang melanggar UU penyiaran. Tapi tanpa STLS, mengapa bisa tayang ya?

Menurut KPI, sebenarnya sejak April sudah dikeluarkan himbauan kpada seluruh televisi agar mengedit iklan Tong Fang dan sejenisnya sesuai etika pariwara. Karena tak digubris, keluarlah teguran tertulis kpada teguran di Metro, Transtv, Globlal, Trans7, Tvone karena iklan Tong Fang, chang siang, taysan
. Teguran terakhir hari kemarin itu lho. Nah kalau tak digubris akan dihentikan sementara iklan Tong Fang dan sejenisnya oleh KPI.

Alhamdulillah, sepertinya teguran itu membuahkan hasil. iklan Tong Fang dan sejenisnya mulai berkurang.
 KPI bertindak pada iklan Tong Fang setelah dapat pengaduan dari kemkes, IDI, P3I, BP3I, KKI dan masyarakat umum lain karena melanggar etika, permenkes, UU Perlindungan Konsumen.
 Jika ditanya etika yang mana? Bahwa iklan kes tak boleh testimoni, bersifat niaga seperti diskon, janjikan kesembuhan dan lain-lain iklan Tong Fang

Oh ya, sblm jauh. Kita perlu tahu kenapa pengobatan tradisional termasuk tradisional china medicine (TCM)itu semakin marak. Sudah jadi trend global utk back to nature, diantaranya pengobatan kembali ke tradisional, herbal, dan lain-lain. Ini terjadi di byk negara

Banyak negara mengembangkan pengobatan tradisional disingkat #batra yaitu cina, thailand, US, india, jepang, indonesia terutama negara timur. Termasuk indonesia, pengobatan tradisional mendapat kesempatan perkembangannya. Seperti jamu, pijat dan lain-lain.

Sekarang di Indonesia tak asing lagi bahwa di RS atau puskesmas ada juga pengobatan tradisionalnya, mis jamu, akupuntur. Karena kebijakan nasional bahwa pngobatan tradisional merupakan komplementer yang melengkapi pengobatan klinis. Jadi, pengobatan tradisional termasuk TCM Tong Fang dan TCM lain tidak dilarang sepanjang memenuhi etika, moral, aman dan bermutu.

Calon “pasien” sebenarnya mudah mengecek aman tidaknya pengobatan tradisional, tanya aja izinnya. Bentuknya apa dan darimana. Di indonesia ada 2 jenis: surat terdaftar dan surat izin. Jadi tanya aja, punya STPT atau SIPT? Surat terdaftar atau surat izin. Kalau punya SIPT, surat izin pengobatan tradisional, insha alloh pengobatan tradisional secara ilmiah, klinis sudah teruji. Kalau punya STPT, surat terdaftar pengobatan tradisional, iru artinya pengobatan tradisionalnya blm teruji secara empiris klinis.

Apalagi kalau tidak punya STPT atau SIPT, jangan coba-coba deh. Sayangi dirimu. Belum tentu aman dan bermutu. menurut kadinkes jakarta, klinik Tong Fang itu perizinannya terpenuhi sudah punya STPT, tetapi beriklannya tidak benar. Dan harus diuji klinis.

Dalam kesehatan itu dikenal upaya paripurna: promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pengobatan tradisional itu mayoritas preventif. Artinya pengobatan tradisional berorientasi pada peningkatan kualitas kesehatan dan pencegahan sakit.
 Dan pengobatan dan pemulihan di bidang kedokteran. Prinsip kedokteran tidak menjamin tetapi mengupayakan kesembuhan

Jadi bisa dilihat seperti jamu, sebaiknya orang minum jamu ketika sehat jadi terhindar sakit. Itu lebih efektif. Dibanding sudah sakit minum jamu. Hasil riset kesehatan dasar, 59 persen orang indonesia sudah pernah menggunakan jamu dan 96 persen mengatakan bermanfaat.

Jadi bagi anda yang menggunakan pengobatan tradisional seperti TCM silahkan saja. Tapi hati-hati tidak semua aman, tidak semua alami. Persepsi yang salah, ketika pengobatan tradisional itu antitesis dari kedokteran. Tidak selalu begitu. Jadi sandaran keberatan masyarakat terhadap iklan Tong Fang dan sejenisnya itu pada perlindungan masyarakatarakat terhadap informasi yang menyesatkan membahayakan.

Sayangnya, KPI mengakui kesulitan mengawasi iklan Tong Fang sejenisnya di radio dan televisi lokal. Jadi masyarakat harus cerdas. Apalg disinyalir, iklan Tong Fang dan iklan sejenis menjadi pendapatan utama televisi lokal dan radio. jadi siap-siap dibombardir iklan. Kita bisa cek di televisi lokal atau radio, iklan pengobatan tradisional sangat mendominasi. Lagi-lagi jangan mudah percaya dan hati-hati.

Oh ya, waktu di KPI tadi jg dibahas iklan atau talkshow pengobatan secara keagamaan, misalnya dengan air putih dan sebagainya. Itu akan diuji dan ditertibkan. Mari peduli sesama dengan tidak memparodikan iklan Tong Fang karena itu justru secara tidak sadar ikut promosi metode pengobatan yang blm teruji.

Sekarang yang bikin mumet, iklan Tong Fang dan sejenisnya di media cetak yang lebih gila, kemana harus mengadu? KPI tak berwenang. Dewan Pers, please!


TAGS iklan tong fang iklan tcm pengobatan tradisional batra stop iklan tong fang tay san chang ciang chong san kpi komisi penyiaran indonesia


Comment
  • budijaya 5 years ago

    Kalau mau jujur sebenarnya di luar sana masih sangat banyak tong fang - tong fang lainnya. Coba aja baca koran atau tabloid. Bejibun yang menawarkan jasa pengobatan non medis. Herannya masih banyak juga rakyat kita yang mau aja dibodohin. Berkaca dari pengalaman nenek saya sendiri. Nenek saya pernah menderita katarak dan oleh dokter disuruh operasi di RS. Karena nenek takut operasi sehingga dia mencoba pengobatan non medis di seorang \dukun\. Oleh dukun itu disarankan untuk menyediakan ayam panggang, bunga-bunga dan entah apalagi. Total jenderal biaya yang harus dikeluarkan termasuk transport mencapai hampir 5 jutaan. Hasilnya tidak sembuh malah parah. Akhirnya dengan terpaksa dia nekad berangkat ke rumah sakit dan dioperasi hanya sehari udah bisa melihat normal. Biayanya pun juga tidak jauh beda.
    Saya tidak mengecilkan arti pengobatan alternatif. Hanya aja sebaiknya dipilih pengobatan yang \masuk akal\. Biasanya pengobatan dengan herba memakan waktu lama. Adik saya juga pernah terkena kista parah dan dioperasi. Beberapa bulan penyakitnya muncul lagi di bagian lain. Waktu itu katanya ada pengobat tradisional yang bisa menyembuhkan dengan menggunakan herba. Segelas harganya Rp 500 rb (beberapa tahun lalu). Saya sempat bersitegang dengan adik saya karena menurut tidak masuk akal segelas herba harganya segitu dan kata penyembuhnya bisa menyembuhkan sekali minum. Tapi adik saya ngeyel aja dan akhirnya dibeli. Beberapa bulan kemudian tidak ada perubahan dan ujung-ujungnya ya berangkat ke RS juga. Padahal adik saya ini seorang sarjana lulusan PTN terkemuka bisa-bisanya dibodohin.
    Saya berharap pemerintah bisa menertibkan pengobatan-pengobatan semacam ini biar tidak semakin banyak memakan korban.

  • Adi Arsyad 5 years ago

    menurut sumber yang dapat dipercaya bahwa testimoni dalam iklan TCM TONG FANG, adalah bintang iklan yang disiapkan oleh PH Yang membuat iklan tersebut dan dibayar, jadi bukan orang yang sakit…tidak mungkin sakit kanker dengan 3 kali berobat jadi SEMBUH….,waspadalah karena pengobatan tong fang,Thay san, dll dengan menggunakan tradisionil cina medicine, adalah kelompok atau sindikat yang berkedok pengobatan

  • benson 5 years ago

    ini kenapa KPI langsung menyetop iklan tongfang padahal kalo di pikir2, lebih parah mana sama sinetron-sinetron yang gak mendidik tapi masih ada di TV????

  • J4v4 5 years ago

    wkkwkwwk,, komentar ama iklannya sama2 kocaknya

  • Zera 5 years ago

    Tong Fang ini selalu muncul di Meme Comic! Hahaha :D

  • sunny 5 years ago

    hati hatilah dengan iklan yang berlebihan promosinya.apalagi promosi dgn janji bisa berobat bermacam macam penyakit.

  • jual souvenir pernikahan 5 years ago

    Macam-macam cara marketing, tapi kalau udah hubungannya dengan kesehatan dan hidupseseorang sangat tidak beretika dan manusiawi kalau memberikan testimoni yang bohong dan menyesatkan.

  • relife 5 years ago

    iklan lebay …

  • koercoe 5 years ago

    tau tidak sodara2. kalo yg jadi bintang iklannya tongfang itu orang bekasi. orangnya sehat dan segar bugar dan tidak ada riwayat sedikitpun terkena kanker payudara. dia dibayar 200 juta.

  • jackson 5 years ago

    sudak pada cerdas masyarakat sekarang semoga ini membawa hikma dan pencerahan.

  • Nagou 5 years ago

    Pantes setiap kali nonton acara favorit iklan itu keluar no 1. sampe bosen. Iklan ini membidik kalangan atas ke atas lagi. (bukan menengah atas, apalagi menengah bawah). orang2 kaya yg sakit pasti akan frustrasi dan pergi ke tempat ini. Tentu biayanya bukan murah, apalagi murahan. Tetapi maha. Pasien sembuh ya sukur. Yang ga sembuh ya terserah.

  • abihafizh 5 years ago

    TONG FANG = TONG KOSONG

  • Priadi 5 years ago

    Untung saya tidak tergiur, saya lebih percaya pengobatan alternatif dengan background seorang Doketer medis karena apa yang mereka buat /racik tidak sembarangan dan memiliki dasar yang kuat dalam ilmu kedikteran.

  • paulus 5 years ago

    10 tahun saya sakit kepala berbagai obat telah saya minum,lalu dtnglah teman suruh saya ke klinik TONG FANG,ALHAMDULILLAH setelah berobat ke klinik TONG FANG KEPALA SAYA YG SAKIT JADI HILANG SEMUA BERSAMA KEPALA SAYA JG HILANG TERIMA KASIH TONGFANG

  • bustami siregar 5 years ago

    saya pernah berobat keklinik TONG fang di Kelapa Gading. Tujuan saya datang untuk konsultasi dulu. ternyata bukan konsultasi yang saya dapat tapi pemerasan. Saya dipaksa membayar Rp 5,5jt Untuk membayar obat yang sudah saya tolak tapi terus dipaksa untuk dibayar karena sdh dibuat.katanya sdh dibuat sejak saya memberitahu penyakit saya.Sampai untuk mengambil uang dari atm, saya dikawal oleh orang dari Tong Fang.
    Ternyata obat yang diberkan sama untuk semua orang yang berobat.

  • doni 5 years ago

    Dulu saya sering dapat AngPao, setelah ke 3 X ke Tong Fang jadi jarang dapat AngPao, hik hik

  • volverhank 5 years ago

    hehe tapi semenjak ada iklan tong fang, orang orang jadi kreatif bikin kalimat lucu

  • Tong Kaleng 5 years ago

    TELITI SEBELUM MEMBELI. APALAGI JUTA2AN RUPIAH

  • Nina 5 years ago

    Kalau iklan ce fuk itu gimana dong? kan ada testimoninya juga.

  • Mahal 5 years ago

    Teman saya pernah berobat ke klinik Tong Fang. Sekali datang diberi obat utk 1 minggu dgn biaya 18 jt rupiah. Dia disuruh datang 3 kali. Setelah dia coba obatnya selama 1 minggu, tidak ada perubahan pada penyakitnya. Akhirnya dia tidak mau datang lagi. Mohon bagi teman2 jgn sampai tergiur dengan testimoni yg saya percaya, tidak benar…

  • Dhafin 5 years ago

    Saya terkena penyakit jarang sholat lalu saya berobat ke klinik tong fang setelah saya berobat ke klinik tong fang saya Jadi di sholatin

  • adi 5 years ago

    ini auara para dokter ya ? atau pengobatan jenis lain? Kenapa ya kalau ada kesuksesan dipihak lain kok pada syirik, (ini pengalaman pribadi meskipun relatif mahal tp sembuh total tanpa bekas dan terasa lebih sehat utk keluhan2 kecil yg bukan target pengobatan)

  • Joko S 5 years ago

    tapi emang iklannya sangat hiperbola kok….
    lebay deh pokoknya.

  • bundaiin 5 years ago

    klinik2 seperti tong fang itu sering jadi bahan pembicaraan para pasien kanker di Darmais. Salah satunya bercerita bhw dia pernah mengambil 2 paket senilai 15 jt untuk pengobatan kanker payudara. Di situ dijelaskan bahwa kalo bengkak, itu malah bagus dan tinggal nunggu pecah. Pdhl kanker yg pecah adalah kematian.

    Testimoni itupun pasti dilakukan oleh org2 sehat, krn kalo kena penyakit kanker dan pernah menjalani kemo atau operasi wajahnya pasti kehitaman, kecuali stelah kemo menjalani terapi hormon lanjutan.

    Mudah2an kita terdidik untuk menilai sesuatu dengan pengetahuan luas.

  • pradinacweet 5 years ago

    Iklan yang paling menyita perhatian banyak orang dan paling sensasional,

    meskipun KPI dan Dewan Pers sdh bertindak, saya rasa itu masih belum cukup, karena yang paling tepat adalah kecerdasan pemirsa agar tidak termakan iklan yang belum teruji kebenarannya :D

    Salam Kenal dari GRIYA DINA::
    http://pradinacweet.blogdetik.com/

  • liannyhendrawati 5 years ago

    Iya, iklan Tong Fang itu kok jadi terkenal sekarang, mungkin karena banyak yang bikin lelucon pake iklan itu ya ..

  • genthokelir 5 years ago

    syukurlah sudah mulai mereda tapi kok bisa ya lolos atau tak melewati Lembaga Sensor Film jadi ingat Film Yg tak di sensor tapi Beredar (ditonton)

  • maryamjameela 5 years ago

    Saya sering sekali males gerak. Setelah ke klinik Tong Fang, saya jadi males hidup. Terimakasih Tong Fang

    Dulu saya tukang sampah. Setelah konsultasi karir di Klinik Tong Fang, sekarang saya naik pangkat jd sampah masyarakat. Trims Tong Fang.

    Dulu saya sering sakit hati karena cinta. Berkat 3x terapi di Klinik Tong Fang, alhamdulilah.. hati saya skrg hilang. Terimakasih Tong Fang.

    3 bulan saya menderita susah tidur, tapi setelah saya ke klinik Tong Fang, saya sekarang susah bangun. Terimakasih Tong Fang

    Dulu gue punya temen klepto. Setelah 3x berobat ke klinik Tong Fang, alhamdulillah sekarang kliniknya ikut hilang. Terimakasih Tong Fang

    Dulu saya lebih jelek dari temen saya, tapi setelah ke Klinik Tong Fang sekarang temen saya lebih ganteng dari saya. Terima kasih Tong Fang.

    Pipi saya jerawatan. Setelah menimbang mengingat & memutuskan, saya ke klinik Tong Fang. Skrg jerawat saya ada pipinya. Trimakasih Tong Fang

    Suatu ketika Perut Saya Sakit. Setelah Buang Air di Klinik Tong Fang, Saya Langsung Lega. Terimakasih Tong Fang atas pinjeman WC nya.

    Dulu saya lemah dalam berhitung, setelah ke Klinik Tong Fang, sekarang saya lemah gemulai. Terima kasih Tong Fang.

    Dulu status saya JOMBLO. Tapi setelah 3X saya berobat ke klinik Tong Fang, sekarang status saya MAHO. Terima kasih Tong Fang

    dulu sebelum teraweh, saya selalu pengen kopi, setelah berobat ke Klinik Tong Fang, kini saya slalu teraweh di warung kopi.

    Dulu saya sering berak di celana. Setelah ke klinik tongfang, saya jadi sering berak sembarangan. Terimakasih Tong Fang.

    Saya punya 3 ekor kambing, dan tiga2 nya mati. Saya tanyakan ke Klinik Tong Fang kenapa mati, Jawabnya karena yang saya punya hanya ekornya.

    Dulu teman saya seorang copet tapi setelah datang ke klinik Tong Fang dia kecopetan. Terimakasih Tong Fang.

    Saya jarang ke Klinik Tong Fang. Sekali ke Klinik Tong Fang saya gak pulang-pulang. Terima kasih Tong Fang :)

    Sebelumnya wajah saya pas-pasan.Setelah ngobrol ama tukang sayur yang tetangganya karyawan klinik Tong Fang, sekarang masihhh saja pas-pasan.

    Dulu mata saya minus, namun stlh ke Klinik Tong Fang kelakuan saya menjadi minus. Terimakasih Tong Fang

    Dulu ukuran dada saya kecil, setelah ke klinik tongfang, ukuran dada saya minus 34c. Terima kasih Tong Fang.

    Dulu mobil saya sering mogok di jalan, oleh Klinik TongFang saya disarankan latihan dorong mobil. Terima kasih Tong Fang.

    Dulu saya takut sekali kehilangan PACAR. Setelah saya ke Klinik Tong Fang, pacar saya BENAR2 hilang. Terima kasih Klinik Tong Fang.

    Dulu saya selalu batal PUASA, Tapi..setelah saya ke Klinik Tong Fang, kini saya puasa terus GAK pernah buka. Terima Kasih Tong Fang..

    Gak ada yang lebih ngakak dulu temen lo suka kentut di kelas setelah ke klinik tong fang sekarang dia suka cepirit dikelas

    Dulu saya sulit melupakan MANTAN pacar, stlh saya brobat di Tong Fang, MANTAN pacar saya yg sulit melupakan saya, Terima Kasih Tong Fang !

    Sedih 4 Semester IP saya HANYA 2,4 . Setelah 2X KONSUL ke Klinik Tong Fang, Alhamdulillah sekarang IP saya JADI 0,4 Terima kasih Tong Fang !

    Desa BETA dulu tak ada air, stlh TongFang datang, desa beta BANJIR. Beta sonde pernah terlambat bantu MAMA,PAPA ambil air untuk mandi ADIK.

    Smua org blg muka saya Mesum, skrg! Alhamdulillah, tak hanya muka tp sifat saya jg bnrn Mesum!! Trima kasih Klinik Tong Fang.

    Just kidding…..

  • rachmadhanidp 5 years ago

    saking banyaknya iklan ini sampe sering dibuat plesetan buat lelucon gitu :D

  • taufan 5 years ago

    pantas aja udah jarang dengar iklannya di TV….
    Padahal pengobatan kedokteran masih lebih baik dibanding TCM.

  • uni 5 years ago

    apa kabar kak anjari? hehe, lama uni ga mampir kesini. perasaan kemaren2 masih lihat dech iklan ini di tv

  • lowongan kerja 5 years ago

    salah satu iklan paling lebay selama tahun 2012 ini

  • yoetama 5 years ago

    Yang bersangkutan dengan media yang bisa membuat atau menampilkan hal semacam iklan super lebay harus sadar diri kayaknya :D, yah tapi yang namanya materi jadi repot deh pilih nurani apa perut :D

-

Author

Search

Recent Post