Ambulan Gawat Darurat Gratis bagi Penduduk Jakarta

17 Aug 2012

Kisah ini diceritakan oleh aktivis LSM. Karena harus mendapat pelayanan tingkat lanjut, pasien dari RS di Depok harus dirujuk. Keluarga harus tanya ke sana kemari RS mana yang mampu menangani. Setelah menghubungi beberapa RS, dapat informasi RS Fatmawati dapat menerima pasien tersebut.

Tapi masalah belum selesai. Pasien yang dalam keadaan tidak sadar harus dibawa dengan ambulan. Lagi-lagi Keluarga mengalami kesulitan mendapatkan ambulan. Karena harus segera mendapat penanganan serius, pasien pun dibawa dari RS Depok menuju RS Fatmawati dengan naik angkot.

Ambulan Gawat Darurat Gratis (gb. forumbebas.com)

Ambulan Gawat Darurat Gratis (gb. forumbebas.com)

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Karena tidak ada peralatan life saving, pasien meninggal dunia dalam kendaraan angkot. Semoga kisah ini tidak terjadi lagi, tidak dengan diri kita, keluarga atau siapa pun juga.

Kemarin di KPI, saya berjumpa dengan Ibu Dien, KaDinkes Jakarta yang menyampaikan AGD gratis untuk penduduk jakarta. Wah, senang sekali saya mendengar kabar ini. Demikian juga semestinya warga jakarta. Jadi terhitung sejak 1 Juli, seluruh penduduk Jakarta dapat fasilitas Ambulan Gawat Darurat (AGD) Gratis.

Gratis dari sisi pengguna masyarakat. Tapi biaya operasional ambulan gratis dibebankan pada APBD DKI Jakarta. Ya, istilah gratis ini hanya bahasa populis. Karena faktanya, itu APBD melalui dana program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK Gakin).

Namanya juga AGD, maka fasilitas ambulan gratis ini dapat dipakai dalam keadaan gawat darurat. Misalnya pasien yang harus mendapatkan pelayanan intensif selama perjalanan ke RS Rujukan. Gampangnya, pasien penderita stroke ringan, gangguan jantung, korban kecelakaan serius, pasien ICU dsb.

Siapa pun warga Jakarta, kaya miskin, boleh gunakan ambulan gratis ini. Hanya tunjukan KTP Jakarta, atau KK atau surat keterangan domisili dari RT dan RW.

Konon layanan ambulan gawat darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah bersertifikat ISO 9001:2008 dan berstandar internasional. Seluruh petugas bersertifikat keahlian dan keterampilan di bidang medis. Jumlah armada ambulan AGD di DKI Jakarta sebanyak 51 ambulans dengan total petugas 237 orang.

Dalam Ambulan AGD gratis sudah tersedia peralatan P3K seperti oksigen, emergency it, CPR atau alat bantu pernapasan. Segera juga dilengkapi ventileter sehingga pasien bisa tertolong hingga sampai di rumah sakit.

Catat nomor ini, 118 atau 021-65303118, 65302940, dan 44794062. Ini nomor ambulan gawat darurat gratis. Siapa tahu, kita atau saudara kita membutuhkan.


TAGS ambulan gratis ambulan gawat darurat agd gratis agd 118 ambulan 118 dinkes dki jakarta ambulan 119


-

Author

Search

Recent Post